Selamat datang kembali pengunjung setia AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi. Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi akan share tentang PENDIDIKAN LITERASI FINANSIAL Panduan Implementasi Untuk Satuan Pendidikan Dan Pemangku Kepentingan Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi untuk bisa mengikuti posting selanjutnya.
sumber : https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Panduan Pendidikan Literasi Finansial ini disusun untuk memberikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan agar dapat mengimplementasikan literasi finansial dan berkontribusi aktif sesuai dengan kapasitasnya. Lebih khusus, panduan ini dikembangkan agar satuan pendidikan dapat mengimplementasikan pendidikan literasi finansial secara mudah, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik satuan pendidikan. Oleh karena itu, panduan ini ditujukan untuk semua jenjang pendidikan, termasuk PAUD, pendidikan kesetaraan, dan pendidikan khusus.
Pelaksanaan pendidikan literasi finansial yang ideal, perlu dilandasi oleh prinsip PINTAR (Pancasila, Ilmu Pengetahuan dan Praktik Nyata, Tepat Sasaran, Adaptif dan Kontekstual, Rinci dan Komprehensif). Satuan pendidikan mengimplementasikan pendidikan literasi finansial untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila berdasarkan ilmu pengetahuan yang valid dan relevan untuk mengembangkan keterampilan hidup melalui pembelajaran yang interaktif, inspirasif, menyenangkan, dan menantang, serta memastikan seluruh peserta didik mendapatkan akses yang setara. Pendidikan literasi finansial perlu tepat sasaran serta adaptif terhadap konteks global, nasional, dan nilainilai budaya lokal agar bermakna bagi peserta didik. Pendidikan literasi finansial mendorong implementasi elemen-elemen yang meliputi memperoleh penghasilan, mengelola anggaran, menyisihkan penghasilan, serta mengelola risiko secara menyeluruh.
Harapan yang ada pada buku panduan ini dapat dijadikan acuan bagi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan pendidikan literasi finansial. Bagi pemimpin/kepala satuan pendidikan, panduan ini dapat membantu dan menginspirasi menerapkan pendidikan literasi finansial dalam kurikulum satuan pendidikan, termasuk menetapkan kebijakan dan budaya satuan pendidikan. Bagi para pendidik, panduan ini membantu dalam penerapan pendidikan literasi finansial pada intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Panduan ini juga membantu berbagai pihak di luar satuan pendidikan untuk berperan aktif membantu penerapan pendidikan literasi finansial melalui berbagai cara sesuai perannya.
Panduan Pendidikan Literasi Finansial ini disusun untuk memberikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan agar dapat mengimplementasikan literasi finansial dan berkontribusi aktif sesuai dengan kapasitasnya. Lebih khusus, panduan ini dikembangkan agar satuan pendidikan dapat mengimplementasikan pendidikan literasi finansial secara mudah, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik satuan pendidikan. Oleh karena itu, panduan ini ditujukan untuk semua jenjang pendidikan, termasuk PAUD, pendidikan kesetaraan, dan pendidikan khusus.
Pelaksanaan pendidikan literasi finansial yang ideal, perlu dilandasi oleh prinsip PINTAR (Pancasila, Ilmu Pengetahuan dan Praktik Nyata, Tepat Sasaran, Adaptif dan Kontekstual, Rinci dan Komprehensif). Satuan pendidikan mengimplementasikan pendidikan literasi finansial untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila berdasarkan ilmu pengetahuan yang valid dan relevan untuk mengembangkan keterampilan hidup melalui pembelajaran yang interaktif, inspirasif, menyenangkan, dan menantang, serta memastikan seluruh peserta didik mendapatkan akses yang setara. Pendidikan literasi finansial perlu tepat sasaran serta adaptif terhadap konteks global, nasional, dan nilainilai budaya lokal agar bermakna bagi peserta didik. Pendidikan literasi finansial mendorong implementasi elemen-elemen yang meliputi memperoleh penghasilan, mengelola anggaran, menyisihkan penghasilan, serta mengelola risiko secara menyeluruh.
Harapan yang ada pada buku panduan ini dapat dijadikan acuan bagi satuan pendidikan dalam mengimplementasikan pendidikan literasi finansial. Bagi pemimpin/kepala satuan pendidikan, panduan ini dapat membantu dan menginspirasi menerapkan pendidikan literasi finansial dalam kurikulum satuan pendidikan, termasuk menetapkan kebijakan dan budaya satuan pendidikan. Bagi para pendidik, panduan ini membantu dalam penerapan pendidikan literasi finansial pada intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Panduan ini juga membantu berbagai pihak di luar satuan pendidikan untuk berperan aktif membantu penerapan pendidikan literasi finansial melalui berbagai cara sesuai perannya.
Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi akan share tentang Beberapa dokumen terkait Pendidikan, informasi dan tutorial Matematika Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa blog ini agar bisa mengikuti posting selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.